Pertanyaan Umum Interview Kerja Beserta Jawabannya

Berikut ini adalah beberapa Pertanyaan Umum Interview Kerja Beserta Jawabannya yang sering ditanyakan para HRD perusahaan di Indonesia.

Interview Kerja

Interview kerja tentu merupakan saat-saat yang sangat mendebarkan, sebagian dari kita pasti akan sangat panik dengan pertanyaan apa yang akan ditanyakan recruiter. Supaya interview dapat berjalan dengan lancar, ada baiknya memiliki persiapan jauh sebelum kalian mendapatkan undangan interview. Salah satunya dengan mengetahui beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan saat interview.

Jawaban dari setiap pertanyaan yang ditanyakan recruiter sangat berpengaruh dalam diterima atau tidaknya dalam suatu lamaran kerja. Jika sudah mempersiapkan diri sebelum interview mungkin akan membantumu dalam menjawab setiap pertanyaan dengan lancar.

Pertanyaan Umum Interview Kerja Beserta Jawabannya

Perlu diingat, setiap pertanyaan dibawah ini merupakan pertanyaan yang umum ditanyakan, yang berarti bukan pertanyaan yang pasti ditanyakan.

"Bisa ceritakan tentang diri Anda?"

Pertanyaan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum calon karyawan dan mengukur sejauh mana calon karyawan mengenali dan memahami dirinya sendiri, sekaligus mengetahui latar belakang, pengalaman kerja, dan kepribadiannya. Pertanyaan ini merupakan starting point. Karenanya, usahakan menjawab dengan cara mempromosikan diri seperti menjelaskan keterampilan, pengalaman kerja, kepribadian, dan pencapaian diri. Namun jangan terlalu detail dan bertele-tele, cukup menyampaikan data diri singkat.

Contoh jawaban:
"Terima kasih atas waktu dan kesempatannya Pak/Bu. Perkenalkan, nama saya Myoui Mina. Usia saya 24 tahun. Saya lulusan Universitas Hongseo, jurusan Pendidikan Bahasa Korea. Saya memiliki keterampilan diantaranya mampu berbahasa Korea dengan baik dan lancar, kemampuan komunikasi yang baik dengan siswa dan orang tua siswa, kemampuan mengajar, serta kemampuan mengorganisir kelas dan siswa. Saya berpengalaman selama 3 tahun sebagai tutor/guru bahasa Korea full time dan part time (sebutkan tempat dan tahun bekerja). Terima kasih."

"Apa kelebihan Anda?"

Ini merupakan pertanyaan lanjutan dari pertanyaan pertama yang dimana recruiter ingin mengetahui kelebihan kalian di antara pelamar yang lain. Pastikan kalian meyakinkan recruiter melalui keahlian yang tentunya sesuai kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Contoh jawaban:
"Saya pribadi adalah seorang yang kreatif, optimis dan terstruktur. Kreatifitas mendorong saya untuk selalu mempelajari hal baru, mengupgrade kapasitas diri, dan dapat menciptakan suasana dan bahan ajar yang menyenangkan untuk siswa. Di samping itu, sifat optimis menjadikan saya pribadi yang senantiasa berpikir dan bertindak positif serta selalu termotivasi dalam bekerja. Dan yang terakhir, terstruktur menjadikan saya bekerja sesuai target dan waktu yang ditetapkan sehingga efektifitas dan produktifitas kerja dapat tercapai."

"Apa kekurangan Anda?"

Jika ditanya soal kelebihan, pasti juga kalian akan ditanya tentang kekurangan apa yang kalian miliki. Untuk menjawab kekurangan tersebut, pastikan dibarengi dengan cara kalian memperbaiki kekurangan tersebut.

Contoh jawaban:
"Kekurangan yang saya miliki adalah saya tidak terlalu bagus dalam hal multitasking. Oleh karena itu, saya selalu berusaha untuk fokus menyelesaikan tugas dengan tepat dan membuat to-do-list sehingga tidak membebankan saya dan pekerjaan dapat selesai sesuai target."

"Kenapa Anda ingin melamar di perusahaan ini?"

Buat jawaban yang masuk akal dan tepat. Jelaskan kenapa kalian ingin sekali bekerja di perusahaan tersebut. Jawaban bisa dihubungkan ke profil perusahaan atau ke pengalaman, keahlian, dan latar belakang kalian. 

Contoh jawaban:
"Saya melihat peluang bahwa lembaga/perusahaan ini sedang mencari posisi (isi sendiri). Saya melihat bahwa posisi ini sangat cocok dengan pengalaman, keahlian, dan latar belakang pendidikan yang saya miliki. Saya yakin dengan pengalaman dan keahlian saya, saya memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh lembaga/perusahaan ini. Selain itu, saya juga ingin bergabung bersama team hebat di lembaga ini, sekaligus ingin berkontribusi terhadap kemajuan lembaga/perusahaan ini di masa depan."

"Kenapa kami harus menerima Anda?"

Berikan jawaban yang menjual keahlian dan pengalaman kalian terhadap posisi yang dilamar. Pastikan bahwa jawaban yang kalian sampaikan berbeda dengan pelamar kerja yang lain. 

Contoh jawaban:
"Pengalaman saya selama tiga tahun sebagai guru bahasa Korea di berbagai sekolah dan kursusan membantu saya mengenali bagaimana cara mengajar bahasa Korea di kelompok usia berbeda. Saya dapat mengorganisir kelas dan siswa dengan baik. Selain itu, saya pribadi cukup kreatif ketika mengajar, saya biasa membuat materi yang dikemas kedalam permainan sehingga dapat memudahkan siswa menerima materi dengan lebih aktif dan bersemangat. Saya pribadi cukup ramah dan totalitas dalam mengajar. Saya sangat menyukai passion saya sebagai pengajar. Saya yakin dengan keahlian dan pengalaman tersebut, saya memenuhi kualifikasi yang bapak/ibu butuhkan."

“Berapa gaji yang Anda inginkan?”

Pertanyaan yang biasanya muncul saat sedang interview kerja adalah seputar ekspektasi gaji. Bagi sebagian kandidat, pertanyaan ini sering membuat mereka tak nyaman dan kebingungan.

Supaya hal tersebut tidak terjadi pada kalian, usahakan untuk melakukan riset perkiraan gaji untuk posisi yang kalian lamar terlebih dulu. Setelah mengetahui angkanya, buatlah kisaran gaji yang kalian inginkan.

Contoh jawaban:
"Untuk bulan pertama, saya ingin gaji standar perusahaan ini sesuai dengan jobdesk yang saya ambil. Tapi jika kinerja saya bagus, saya ingin gaji saya ditambah secara berkala."

Referensi:
Pertanyaan Umum Interview Kerja dan Cara Menjawabnya