Bahaya Memberikan Tanggal Lahir di Media Sosial

Informasi yang bisa di dapatkan dari tanggal lahir seseorang.

Bahaya Memberikan Tanggal Lahir di Media Sosial
Tidak banyak orang yang aware atau sadar akan pentingnya menjaga rahasia data pribadi, mungkin karena belum pernah dirugikan atau kecolongan sesuatu yang besar. Mungkin sebagian orang menyepelekan hal ini karena berpikir bukan hal yang terlalu penting dengan alasan "saya bukan siapa siapa kok".

Kita semua tahu data data pribadi yang tidak boleh di publikasikan kepada umum, seperti nomor NIK KTP, SIM, Paspor, NPWP, dan data pribadi lainnya. Namun pada postingan kali ini, saya akan membahas sedikit tentang bahaya memberikan tanggal lahir kita di media sosial.

Bahaya Memberikan Tanggal Lahir di Media Sosial

Mungkin terdengar sepele, banyak orang yang menyematkan tanggal lahir secara terang terangan, yang paling umum adalah pada media sosial, baik di bio, maupun detail informasi akun. Namun informasi apa yang bisa didapatkan dari tanggal lahir ini?

Bahaya Memberikan Tanggal Lahir di Media Sosial

1. Nomor NIK KTP

Dengan mendapatkan tanggal lahir teman kalian saja, kalian sudah bisa mendapatkan Nomor KTP secara lengkap, karena sudah mengetahui asal tempat tinggalnya, kalian bisa cek pada gambar di atas.

Khusus wanita ditambahkan angka 40 ke tanggal lahirnya.

NIK KTP adalah data pribadi yang harus dijaga secara baik baik oleh setiap orang, karena informasi ini akar dari informasi lainnya.

2. Nomor PIN ATM

Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang yang sudah mengalami kerugian diakibatkan karena pembobolan ATM, karena kebiasaan kita yang ingin simple dan pelupa, membuat kita lebih sering menggunakan tanggal lahir sebagai PIN ATM.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Onny Widjanarko menyarankan, nasabah tidak menggunakan tanggal lahir untuk PIN kartu ATM ataupun kartu kredit. Sebab, pembobol akan mudah menebak dan meretas kartu tersebut.

"Nasabahnya juga harus diedukasi. Karena kalau nasabah nanti punya pin terus pinnya 123456 atau PIN nya tanggal lahir itu bisa diretas atau mudah ditebak," katanya di Gedung BI, Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Penutup

Selain tanggal lahir, hal lumrah yang sering dishare oleh orang adalah nomor handphone, yap, menurut saya ini termasuk informasi yang tidak boleh asal di sebarkan kepada umum. Demi menjaga privasi kalian, sebaiknya tidak menyematkan informasi yang sudah saya sebutkan di atas.