Rekomendasi Website Freelance untuk Mahasiswa

Beberapa Rekomendasi Situs Mencari Uang Online untuk Mahasiswa
Rekomendasi Website Freelance

Freelance adalah gambaran dari seseorang yang bekerja tidak terikat kontrak "mandiri" dan biasanya dalam waktu pendek maupun jangka panjang. Orang yang bekerja secara freelance dinamakan freelancer, biasanya, freelancer melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi.

Pekerjaan ini mulai dapat banyak pengakuan dan banyak orang yang sudah pindah haluan dari budak korporat yang beralih menjadi freelancer, jam kerja fleksibel dan gaji yang dapat diatur sendiri menjadi magnet tersendiri bagi beberapa orang.

Rekomendasi Website Freelance untuk Mahasiswa

Bagi mahasiswa, menjadi seorang freelancer adalah hal yang tidak terlalu sulit, apalagi jika kegiatan ini sesuai hobi yang kalian miliki, mungkin akan terasa lebih fun. Karena bisa mendapatkan uang dari kegiatan yang kita sukai.

Berikut adalah 10 situs pilihan yang sering dipakai oleh pekerja lepas.

Fastwork.id

Di situs ini kamu bisa menampilkan portofolio kamu agar calon klien makin tertarik. Ada fitur chat langsung yang dapat memudahkan transaksi dan kamu tidak perlu bersaing, karena cukup meletakkan harga  dan detail pekerjaan yang kamu miliki.

Projects.co.id

Situs ini cukup populer di Indonesia, kategori pekerjaannya juga ada banyak, ada design grafis, penulis konten, dan programming.

Kamu juga bisa menjual barang elektronik seperti template website atau e-book milik kamu sendiri.

Sribulancer.com

Situs ini tempat ngumpulnya para professional freelancer terbesar di Indonesia. Situs tersebut memiliki 52 jasa pekerjaan yang ditawarkan dan kalian dapat mengiklan secara gratis disini, wow.

Fiverr.com

Situs yang keamanannya udah tercanggih. Jadi gak usah takut datamu bocor. Situs ini pake sistem layanan Gig. Jadi para freelancer berkemungkinan bisa menjangkau klien dari seluruh dunia.

Freelancer.com

Situs ini dikalim situs dengan pengguna aktif terbanyak. Cuma sayangnya, kamu harus bayar dulu pas udah selesai ngajuin 8 proposal sama klien.

Sribu.com

Nah, kalo situs ini bergerak di bidang Design, ada 20 kategori design seperti pembuatan logo, banner, poster, dll. Sampe sekarang, situs ini udah ngelayanin 12.000 lebih jasa design dari para Freelancer. 

Upwork.com

Hampir mirip sama situs Freelancer.com, situs ini juga termasuk salah satu situs terbesar yang dipake sama freelancer. Enaknya, di situs ini kamu bisa ngatur sistem pembayaran, kamu bisa dibayar per-jam atau bayar setelah project done.

Toptal.com

Situs ini sering banget disebut situs buat kaum Elite. Soalnya, kamu harus nyiapin sekebon protofolio yang keren dan berkualitas. Anyway, bayaran di situs ini juga paling tinggi dibanding situs lainnya.

99Designs.com

Sesuai namanya, situs ini bergerak di bidang Graphic Design. Sistemnya kita kaya ikut kompetisi. Jadi kita harus majang karya kita, baru deh klien akan milih karya mana yang cocok sama dia.

Gobann.com

Di situs ini, semua jasa ditawarkan dengan harga seragam, yaitu 50K. Sebutan bagi freelancer di situs ini adalah Kangtao, sedangkan klien yang membutuhkan jasa disebut demand.

Contoh Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa

Content Writer

Penulis konten atau content writer adalah pekerjaan yang cukup digemari, permintaan akan artikel berkualitas semakin tinggi seiring dengan perkembangan teknologi di masa kini.

Untuk menjadi penulis, kalian harus memiliki kemampuan menulis yang cukup baik dan sistematis.

Jasa Design Grafis

Design grafer sangat dibutuhkan untuk melengkapi postingan dari penulis konten, atau UMKM yang membutuhkan design yang bagus untuk bisnisnya, kalian bisa menjual jasa design template logo, presentasi, poster, atau postingan sosial media.

Jasa Arsitek

Jasa ini sangat dibutuhkan bagi seseorang yang ingin membuat atau mencari ide membuat bangunan tertentu, karena kebutuhan akan hunian semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Kursus Online

Kalian bisa mencoba menjadi tutor online dengan membuka kursus, hampir sama dengan kursus offline lainnya, namun kursus online menggunakan media daring.

Fotografer Freelance

Jika kalian memiliki hobi fotografi, kalian dapat menjual foto foto kalian pada website penyedia gambar berbayar, karena akan mendapat royalti dari setiap foto yang kalian jual.

Editor Freelance

Baik editor dalam video, penulisan, dan sebagainya, pekerjaan ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang, karena tidak setiap orang memiliki keahlian dalam pekerjaan ini.

Penutup

Jika disimpulkan lebih ringkas freelancer adalah pekerjaan yang tidak terikat kontrak jangka panjang namun memiliki ikatan kerja yang kuat. Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi jika ingin menjadi seorang freelancer.
  • Keahlian yang handal.
  • Paham teknologi dan Internet.
  • Cepat beradaptasi.
  • Bisa mengulur waktu.
Semoga bermanfaat.